IKLAN

Rabu, 05 Desember 2012

Mengenal Perpipaan

Jenis-Pipa Perencanaan distribusi air bersih harus dipikirkan secara matang. Perencanaan yang tidak matang akan mengganggu pendistribusian air. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merencanakan sistem pemipaan air bersih di rumah. Anatara lain, mengenal jenis-jenis pipa, penggunaan ukuran pipa berdasarkan sumber air, model instalasi, sistem sambungan, fitting dan aksesori. PIPA AIR BERSIH Jenis-jenis pipa air bersih Jika diklasifikasikan menurut penggunaan air bersih skala rumah tangga, pipa terbagi menjadi tiga bagian. Pertama, pipa PVC (Polyvinyl Chloride) dengan karakter warna putih/abu-abu dan tidak dapat digulung. Kedua, pipa PE (PolyEthylene) yang berwarna hitam dan bisa digulung. Ketiga, pipa PERT (Polyethylene Raised Temperature Resistance) untuk air bersih panas. Saat ini yang paling populer dan berteknologi tinggi, pipa PE dan PERT. Berikut keunggulan dua jenis pipa tersebut: 1. Pipa air bersih biasa (PE) Pipa PE merupakan alternatif penggunaan pipa plastik. Fleksibilitasnya tinggi dengan tingkat kemuluran lebih dari 400%. Karena lebih lentur, pipa ini dapat digulung dengan diameter drum minimal 18 x diameter pipa. Jelebihan lainnya, tahan terhadap pergerakan tanah, tingkat kebocoran rendah, penggunaan fitting relatif sedikit, tidak mengubah kualitas air, anti korosi, usia pipa hingga 50 tahun, ringan dan tahan benturan. 2. Pipa air bersih panas PERT Setelah sukses dengan pipa PE, Vinilon menghadirkan terobosan pipa untuk mendistribusikan air panas. Pipa bernama PERT (Polyethylene Raised Temperature Resistance) ini memiliki banyak keungulan, di antaranya, tahan panas hingga 95 0 Cdan tahan tekanan hingga 8 bar. Pemasangannya mudah karena tidak menggunakan lem atau alat pemanas. Keunggulan lainnya, sambungan anti bocor, tahan gempa, anti karat dan abrasif dengan usia pakai hingga 50 tahun. Pipa-sumber-air Ukuran pipa berdasarkan sumber air Umumnya, pipa yang digunakan untuk pemipaan air bersih berukuran 0,5 inchi. namun ukuran pipa primer dari sumber air ke dalam rumah berbeda-beda. Berikut perbedaan-perbedaannya: 1. Pipa primer untuk air PAM yang langsung disalurkan ke rumah berukuran sama, 0,5 inci. 2. Untuk disribusi air dari PAM ke bak penampung, maka pipa dari meteran PAM ke tangki air menggunakan pipa 0,5 inci. Sementara itu dari tangki air ke instalasi di dalam rumah menggunakan pipa 3/4 -1 inci. 3. Sumber air tanah dengan bantuan jet pump dapat dialirkan langsung ke instalasi pemipaan di rumah. Instalasi pipa dari pompa ke instalasi di rumah menggunakan pipa yang berukuran sama dengan besar penampang pipa keluaran (outtake) di pompa. 4. Sumber air tanah yang didistribusikan melalui tangki air dapat menggunakan pipa dari pompa ke tangki air menggunakan ukuran yang sama dengan pipa keluar (outtake) dari pompa. Sedangkan dari tangki air ke instalasi pipa di rumah menggunakan pipa ¾ -1 inci.
Model-instalasi Model instalasi Terdapat dua jenis model instalasi pipa air bersih di rumah, sistem tertutup dan sistem terbuka. Sistem tertutup atau sistem memutar (loop) yaitu ujung pipa terakhir menyambung lagi dengan ujung pipa awal. Sistem ini memiliki tekanan air yang rata di pipa keluaran airnya. Perlu banyak pipa yang digunakan untuk sistem ini, sehingga biayanya lebih mahal. Sementara itu sistem terbuka yang kedua ujungnya tidak menyambung. Outake atau keluaran air di bagian ujungnya akan bertekanan rendah. Keuntungannya, hanya menggunakan sedikit pipa, sehingga biayanya lebih murah.
Sistem sambungan, fitting dan aksesori Terdapat dua macam sambungan pipa PVC, solvent cement joint dan rubber ring joint. Sementara itu pipa PE menggunakan jenis sambungan fusion joint (electrofusion, buttfusion, socketfusion dan sadlefusion) dan mechanical joint. Jenis lemnya ada dua jenis, lem perekat (hanya merekatkan/ menempelkan, berbahan dasar dasar zat kimia perekat) dan lem penyatu (menyatukan kedua permukaan yang disambung, berbahan dasar material pipa yang dilarutkan). Sebagai penyambung, tersedia banyak jenis fitting. Di antaranya, repair socket, clamp sadle, bend rubber dan banyak lagi. Sebagai pelengkap, dibutuhkan aksesori untuk mengatur dan mengarahkan, di antaranya ball valve, plug kran, tusen klap, water meter dan aneka sanitari lainny (sumber:bintanghome.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar